Tuesday, December 23, 2008

Lima Himbauan Bupati Don agar SKPD Pertajam Alokasi Anggaran

SUMEDANG - Kondisi rencana APBD 2009 yang kurang menguntungkan, H Don Murdono, Bupati Sumedang, Jawa Barat, menyerukan lima buah himbauan kepada seluruh SKPD, agar mempertajam alokasi anggaran seefektif mungkin.

Penajaman alokasi ini dengan memberikan perhatian khusus pada upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat dan mempercepat pembangunan infrastruktur yang mamp menunjang perekonomian daerah khususnya sektor riil.

Di samping itu, mengembangkan kebijakan inovatif sehingga dapat mendorong pertumbuhan dunia usaha, mengendalikan tingkat konsumsi dan meniingkatkan investasi.

Mengurangi belanja perjalanan dinas, honorarium, rapat-rapat di luar kantor, dan pembatasan pemberian hibah maupun bantuan sosial yang relatif rendah nilai manfaatnya dalam menghadapi dinamika perubahan yang terjadi. Melakukan upaya penghematan penggunaan energi listrik, bahan bakar, dan telepon semaksimal mungkin.

Terakhir,secara khusus Bupati Sumedang mengharaokan adanya adanya kebersamaan di antara seluruh stakeholder melalui peningkatan kerjasama lintas sektoral.

"Hal ini untuk menangani semua persoalan sebagai dampak dari adanya pengaruh krisi keuangan di Amerika Serikat," tegas Don Murdono.

Menanggapi adanya wacana yang berkembang dan mendukung percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur melalui pinjaman daerah, Don Murdono menyampaikan penghargaannya.

Namun demikian, lanjutnya, pada saat ini Bupati akan lebih memfokuskan pada pemanfaatan dana yang dimiliki secara maksimal.

"Temasuk dana-dana lain yang diperoleh melalui dana dekonsentrasi dan dana pembantuan yang tidak melalui
APBD Kabupate Sumedang.

Pihaknya, ungkap Don pula, akan melangkah dan mengadakan kajian secara teliti terhadap pelaksaaan pinjaman daerah. "Sehingga apabila hal tersebut dilaksanakan benar-benar tepat waktu dan tepat sasaran," tegas Don Murdono.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: