Tuesday, December 23, 2008

KPU Menggelar Workshop Pendidikan Pemilih Pemula

SUMEDANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, kini semakin gencar melakukan sosialisasi dan pendidikan bagi Pemilih Pemula. Bukan hanya kepada masyarakat atau para bakal calon legislatif, juga pelajar dan mahasiswa.

Kegiatan Worshop Pendidikan Pemilih Pemula untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif, 9 April 2009 ini, KPU mencoba mengelar simulasi pemungutan suara, sebelum pembukaan Workshop.

Hasilnya, dari sekitar 100 pelajar dan mahasiswa, dalam simulasi yang dilaksanakan di Aula Pemerintah Kabupaten Sumedang, Selasa (23/12 tersebut, masih banyak yang
melakukan kesalahan saat memberikan suara.

Asep Kurnia, Ketua KPU Kabupaten Sumedang didampingi anggota, masing-masing Hersa Sentosa; Rika Kusdinar; Nina Yuningsih; dan Usman Ruhiyat.

Menurut Asep, workshop semacam ini dinilai penting, karena sistem pemberian suara pada Pemilu 2009 ini sangat berbeda. "Jika para pelajar atau mahasiswa banyak kesalahan dalam memberikan suara, wajar, karena banyak di antara calon legislatif juga banyak yang melakukan kesalahan saat harus memilih di atas kertas suara.

Menurut dia, sistem pemilihan pada Pemilu 2009, pada Pemilu yang lalu, menggunakan sistem "coblos", tetapi saat ini dilakukan dengan cara "centang" di tempat atau nama calon legislatif yang tersedia dalam surat suara.

Suasana workshop tersebut cukup menarik, karena para pelajar dan mahasiswa tampak cukup penasaran dengan sistem Pemilu 2009.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: