Wednesday, December 10, 2008

Forum Kecamatan tentang APBD Hemat Tetap Bangkitkan Pembangunan

SUMEDANG - Kencangkan ikat pinggang, tetapi program mesti jalan terus. Inilah sikap Forum Kecamatan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, atas kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanjan Daerah (APBD) 2009 yang mengalami kemunduran nilai pendapatan terutama pendanaan dari pemerintah pusat.

Hal itu dikemukakan Asep Sudradjat, Ketua Forum Kecamatan, Rabu (10/12). "Kita tidak akan terlalu banyak menuntut, karena kita menyadari bahwa kondisi seperti itu tidak bisa dihindari," katanya.

Menurut Asep, meski kondisi APBD 2009 yang mengalami kemunduran, hal ini tidak akan menyurutkan sikap para Camat untuk menjalankan tugas dan kewajiban sebagai aparatur.

"Yang paling penting, dalam menghadapi kondisi seperti itu, kita mesti melakukan penghematan dalam penggunaan anggaran. Tetapi kita tetap harus mampu melayani masyarakat," ungkap Asep.

Dijelaskan, anggaran operasional kecamatan pada APBD 2007 silam, paling kecil Rp 220 juta. Sedangkan pada APBD 2009 yang hanya mendapatkan jatah Rp 5 milyar untuk 26 kecamatan, diperhitungkan paling kecil akan menerima Rp 120 juta.

"Memang dari sisi penganggaran jelas kurang, tetapi apa mau dikata kondisi APBD yang demikian, mengharuskan kita pandai-pandai mengatur penganggaran sehingga dengan kondisi sepert itu kita tetap bisa mencapai sasaran program," tandasnya.

Karenanya, dalam rapat dengar pendapat yang dilaksanakan Panitia Anggaran DPRD Kabupaten Sumedang, Selasa (9/12) lalu, Ketua Forum Kecamatan yang juga Camat Cimalaka ini, menegaskan bahwa para Camat tidak akan terlalu banyak menuntut.

"Intinya, dalam kondisi APBD yang tak bisa dihindari nanti, kita selaku aparat harus tetap mampu melaksanakan tugas-
tugas pemerintahan dan pembangunan," tandasnya.

Kecuali itu, dalam kondisi APBD 2009 yang disebut-sebut terpuruk ini, para Camat tetap dituntut untuk bisa menggairahkan masyarakat sehingga partisipasi masyarakat justru harus lebih meningkat.

"Ini barangkali yang mesti kita lakukan. Artinya, kita tawaqal dan tetap berusaha menggalang kekuatan masyarakat untuk tetap bisa membangun," tegas Asep Sudradjat.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: