Saturday, December 13, 2008

Karang Taruna "Yudha Bhakti" asal Desa Licin, Juara III Nasional

SUMEDANG - Luar biasa. Itulah barangkali pujian yang pantas diberikan kepada Karang Taruna (KT) Yudha Bhakti dari Desa Licin, Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang telah berhasil mencetak prestasi nasional.

KT Yudha Bhakti yang selain menjadi "Duta Sumedang" juga "Duta Jawa Barat" ini, berhasil membawa pulang gelar Juara III Karang Taruna Beprestasi tingkat nasional tahun 2008.

"Kita sangat bangga dengan prestasi karang taruna ini. Soalnya, penilaian perlombaan Karang Taruna Berprestasi ini luar biasa ketatnya," kata Aep Sudadjat, Camat Cimalaka, Sabtu (13/12).

Tak mengherankan, ketika Asem mendapat laporan keberhasilan Karang Taruna Yudha Bhakti belum lama ini, dia menyambut dengan suka cita.

"Karena memang kita ikut melakukan pembinaan, baik administrasi, organisasi maupun pemberdayaan karang taruna dalam masyarakat," tegasnya.

Kecuali itu, Asep menyampaikan kebanggaannya tersebut karena ternyata masih banyak pemuda yang potensial, yang selain bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat, pembinaan genereasi muda juga ternyata diperhitungkan di tingkat nasional.

Menurut Asep Sudradjat, keberhasilan KT Yudha Bhakti ini, karena di samping sumber daya manusia (SDM) terutama generasi muda di Desa Licin, demikian potensial, juga dorongan masyarakat yang sangat kuat terhadap kemajuan karang taruna ini.

Salah satu kegiatan Karang Taruna Yudha Bhakti yang menonjol, yakni manajemen yang kuat dan kegiatan usaha yang sangat positif, di antaranya usaha budidaya ternak domba, home industry, reklamasi bekas Galian C di kawasan Gunung Tampomas, dan aktivitas organisasi yang lainnya.

"Kita salut. Mudah-mudahan saja dengan prestasi ini bisa lebih mendorong kegiatan-kegiatan inovasi lainnya untuk kepentingan generasi muda, dan bisa memotivasi karang taruna di desa lainnya untuk memacu prestasi," tambah Camat Cimalaka ini.

Dalam Lomba Karang Taruna Berprestasi tingkat nasional 2008 tersebut, Juara I diraih Kabupaten Blitar (Jawa Tengah); Kabupaten Gianjar (Bali) Juara II; Kabupaten Sumedang (Jawa Barat) Juara III.

Sedangkan Kota Madya Jakarta Timur (DKI Jakarta) Juara IV; Kota Sumbawa (Nusa Tenggara Barat) Juara V; dan Kabupaten Papua (Jayapura) Juara VI.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: