Monday, December 22, 2008

Kotakulon jadi Kelurahan Siaga Pertama di Sumedang

SUMEDANG - Kotakulon menjadi kelurahan pertama di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kelurahan ini telah berhasil membentuk Kelurahan Siaga (Siap Antar Jaga), dan telah di resmikan Dr H Hilman Taufik WS, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Sabtu (20/12).

"Untuk tingkat kelurahan, kotakulon memang yang pertama membentuk Kelurahan Siaga di Sumedang. Sedangkan untuk tingkat desa sudah ada beberapa Desa Siaga," tandas Hilman.

Menurut Hilman, Kelurahan Kotakulon yang telah menjadi Kelurahan Siaga ini, diharapkan enam kelurahan lainnya akan segera dibentuk menjadi Kelurahan Siaga pula.

"Melalui pembentukan Kelurahan Siaga Kotakulon,diharapkan dapat lebih meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat di Kotakulon," kata Hilman.

Dijelaskan, masalah kesehatan bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tetapi merupakan tanggungjawab bersama, dan masyarakat memiliki peranan penting.

Yan Yan AM, Ketua Kelurahan Siaga Kotakulon, menyebutkan hingga saat ini pihaknya telah memiliki 111 kader yang tersebar di 16 Rukun Warga.

Sebelumnya, para kader tersebut telah mengikuti pelatihan, bahkan untuk membentuk kelurahan Siaga ini, pihaknya terlebih dahulu melakukan studi banding.

"Alhamdulilah respon masyarakat terhadap kegiatan ini sangat baik sehingga Kelurahan Siaga Kotakulon dapat terbentuk," tambahnya.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: