Tuesday, December 16, 2008

Simulasi Pemungutan Suara: Calon Legislatif pun Salah Centang

>


Asep Kurnia (tengah) Ketua KPU Sumedang sedang memberikan penjelasan tentang perkembangan terkini seputar Pemilu 2009 dalam acara sosialisasi Pemilu di GIM, Selasa (16/12).***

SUMEDANG - Menggelikan. Simulasi pemungutan suara Pemilu 2009 yang diikuti 137 calon legislatif, ternyata masih banyak yang melakukan kesalahan saat memberikan suara. Sulit dibayangkan, calon legislatif saja banyak salah apalagi masyarakat umumnya.

Simulasi pemungutan suara Pemilu 2009 ini dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, di Graha Insun Medal (GIM), Selasa (16/12). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosialisasi untuk Pemilu Legislatif, 9 April 2009 mendatang.

Hersa Sentosa, Anggota KPU Kabupaten Sumedang, menyebutkan bahwa uji coba pemungutan suara tadi dilaksanakan dalam upaya pengenalan surat suara kepada masyarakat, dan pertama kali diperkenalkan kepada para calon legislattif peserta Pemilu 2009 sebagai sampel.

"Meskipun ini hanya sampel, kita dapat melihat ternyata para calon legislatif saja ada di antaranya yang kesulitan saat memberikan tanda centang dalam kotak suara. Entah
bagaimana jadinya terhadap masyarakat," kata Hersa.

Menurut Hersa, dari hasil simulasi tadi dapat diambil kesimpulan, bahwa memang masih diperlukan sosialisasi terus menerus agar masyarakat tidak kebingungan dalam memberikan suaranya, Kamis, 9 April 2009 nanti.

Hal ini dapat dimaklumi, karena masyarakat yang telah memiliki hak pilih akan dihadapkan kepada 34 pilihan partai politik. Dan, untuk Kabupaten Sumedang terdapat 600 calon legislatif peserta Pemilu 2009.

Sementara itu, Asep Kurnia, Ketua KPU Kabupaten Sumedang, menegaskan bahwa masyarakat diharapkan
tidak salah saat memberikan suara.

Karenanya, Komisi Pemilihan Umum akan berupaya keras untuk mensosialisasikan teknis pemberian suara yaitu sekali mencentang dalam kotak suara.

Namun demikian, pihaknya merasa yakin bahwa dalam sosialisasi teknis pemberian suara untuk Pemilu 2009 ini, akan mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang, di antaranya melalui para Camat di 26 wilayah kecamatan yang ada.

Dalam kesempatan sosialisasi di GIM tersebut, digelar pula acara tanya jawab. Di antara penanya yang tampil yakni Krisna Supriatna, calon legislatif PDIP dari Daerah Pemilihan III.

Mantan Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum 2004 dan mantan Ketua Panitia Pengawas Pilbup (Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Sumedang) 2008 dan Pilgub (Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat) 2008 di Kabupaten Sumedang ini, mengingatkan suasana damai dan ceria seperti saat ini, bisa langgeng sampai pelaksanaan Pemilu Legislatif, 9 April 2009 mendatang.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: