Wednesday, December 17, 2008

Bencana Alam Selama 2008 Hingga 5 Desember 199 Kejadian

SUMEDANG - Bencana alam memang sulit diduga. Meski hanya tersisa beberapa hari lagi menjelang akhir tahun anggaran 2008, namun musim hujan dengan curah cukup tinggi, dikhawatirkan melahirkan bencana alam yang tak diharapkan.

Sementara sisa anggaran untuk penanggulangan bencana alam di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang bersumbe dari sisa anggaran 2007 senilai Rp 1 milyar, saat ini hanya tersisa 250 juta lagi.

Peristiwa bencana alam yang terjadi selama 2008 hingga 5 Desember 2008 mencapai 199 buah bencana alam di antaranya berbentuk kebakaran rumah tinggal, erosi, abrasi sungai, angin ribut, kebakaran hutan, banjir dll.

H Karman Suparman, Plt Kepala Bagian (Kabag) Sosial Sekretariat Daerah (Setda) Sumedang, menyebutkan bahwa sisa anggaran pos bencana alam saat ini hanya sekitar Rp 250 juta.

"Sisa dana ini sesuai dengan kebijakan pimpinan di antarnya akan dialokasikan ke daerah lokasi banjir di Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Ujungjaya," paparnya.

Diakui, jumlah bantuan yang dialokasikan ke korban bencana alam memang tidak maksimal. Namun demikian, Karman berharap, dengan adanya bantuan dari Pemkab bisa melahirkan gotongroyong masyarakat.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: