Wednesday, December 3, 2008

Angin Puting Beliung, Menyapu Perumahan Warga Jenggot

SUMEDANG - Puluhan warga Dusun Janggot Tonggoh, Janggot Peuntas, dan Janggot Landeuh di Desa Tanjungmulya, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menjerit ketakutan.

Pasalnya, daerah ini sekitar 10 menit disapu angin puting beliung yang mengkibatkan atap genteng perumahan penduduk berterbangan.

Ketakutan penduduk semakin lengkap karena pada saat itu, hujan turun sangat lebat. Terlebih lagi, ketika sebuah pohon Petei roboh menimpa jaringan listrik PLN, yang megkibatkan padam listrik, Selasa (2/12) sekira pukul 17.00.

Bahkan, kejadian listrik padam ini berlangsung hingga Rabu (3/12) siang, karena petugas PLN tampak kesulitan saat memperbaikit kerusakan jaringan disana.

H Mamat, Camat Tanjungkerta, ketika dihubungi, membenarkan peristiwa angin puting beliung ini cukup menggemparkan penduduk di Dusun Janggot. "Terus terang saya tidak bisa datang langsung ke lokasi pada saat kejadian, sebab rumah orang tua saya sendiri terkena angin puting beliung ini," paparnya.

Setelah ia melongok lokasi kejadian, Mamat membantah ratusan rumah mengalami kerusakan berat. "Hanya empat rumah yang mengalami kerusakan. Cuma memang ada puluhan rumah yang gentingnya berterbangan. Suasana ketakutan warga bisa saya pahami, karena waku itu hujan lebat ditambah lagi listrik padam," ungkapnya.

Guna memperbaiki kerusakan rumah, penduduk Janggot bergotong royong. "Masyarakat secara bersama-sama melakukan perbaikan rumah, sebab akibat genting terbawa angin, tidak sedikit yang rumahnya kebanjiran," ungkapnya.
***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: