Monday, December 22, 2008

Hari Ibu di Kotakulon: 16 Bapak Ikuti Lomba Memasang Popok

SUMEDANG - Ini yang unik dari warga Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Dalam memperingati Hari Ibu ke-80/2008, mereka menggelar Lomba Memasang Popok, khusus bagi kaum pria.

Puluhan orang tua dari 16 Rukun Warga se-Kelurahan Kotakulon, Sabtu (20/12) lalu dibuat sibuk mengikuti lomba memasang popok bayi yang digelar di Kelurahan Siaga, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang.

Kontan saja, kegiatan yang cukup meriah tersebut mendapat perhatian dari masyarakat Kotakulon, karena menjadi ajang hiburan gratis.

Para orang tua tersebut datang ke tempat perlombaan, masing-masing membawa anak yang berusia di bawah lima tahun. Mereka bersaing mengadu keterampilan memasang popok.

Yang menarik, dalam perlombaan ini tak sedikit bapak-bapak terpaksa dibuat sibuk bukan hanya memasang popok juga berusaha menghentikan bayi mereka yang menangis.

Yan Yan AM, Panitia Pelaksana Kegiatan, menjelaskan jumlah peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 16 orang, yakni masing masing Rukun Warga mengirimkan satu orang perwakilan.

"Setiap bapak yang mengikuti kegiatan ini diharuskan membawa bayi untuk dipasangi popok yang telah disediakan panitia," katanya.

Ditambahkan, kegiatan ini baru pertama kali digelar di Kelurahan kotakulon, dan mungkin saja yang pertama terjadi di Kabupaten Sumedang.

Menurut Yan Yan, tujuan kegiatan ini adalah untuk melihat sejauh mana keterlibatan kaum pria dalam membantu istri dalam kehidupan rumah tangga.

"Hal ini kita laksanakan dengan mengambil momentum Peringatan Hari Ibu, dan kita sehingga kita coba melihat bagaimana keterlibatan sang ayah dalam membantu istri terutama kegiatan memasang popok untuk anaknya sendiri," tuturnya.

Dari kegiatan ini pula, diharapkan kaum pria bisa siap menangani anaknya masing-masing ketika istri sedang sakit atau istri harus mengikuti kegiatan d luar rumahi.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: