Thursday, December 18, 2008

Perbaikan Pelayanan di Kecamatan Cimalaka Tambah Petugas Tambah Pembinaan

SUMEDANG - Untuk tahap I, Kecamatan Cimalaka menjadi sampel dalam Program Manual Praktis dengan sasaran menemukan permasalahan dan mencari solusi dalam pelayanan kepada masyarakat. Dari 19 pengaduan tentang pelayanan tercatat sebanyak 16 pengaduan tertinggi.

Camat Cimalaka Asep Sudradjat, dengan penuh keyakinan mengikrarkan Janji Perbaikan Pelayanan di hadapan Assda Pemerintahan H Sambas mewakili Bupati Sumedang H Don Murdono, Ny Yetty Ntesed dan Ny Ara Ruhara, dua pejabat dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bandung di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Jabar, Kamis (18/12).

Dari ke-16 pengaduan (keluhan) tersebut, di antaranya kadang-kadang terjadi kesalahan pengetikan dalam KTP atau Kartu Keluarga atau dokumen lainnya. Maka, Asep berjanji akan memberikan penegasan kepada petugas agar lebih teliti.

Selain itu, Asep akan melakukan pengecekan ulang/konfirmasi data pemohon; dan akan menambah petugas khusus pemeriksa dokumen yang akan ditanda tangani.
Menjawan tentang pengaduan sering tidak tersedia blanko KTP yang menghambat pelayanan, Camat Cimalaka ini berjanji akan mengusulkan permintaan stok minimum blanko KTP kepada Dinas Kependudukan sesuai dengan perkiraan kebutuhan.

Sementara menanggapi pengaduan masih sulit pengurusan pelayanan izin usaha (HO), maka Asep berjaji pula akan meningkatkan petugas/kurir/caraka dan membuat jadwal khusus untuk mengurus pelayanan HO di tingkat desa; mengusulkan pelayanan HO jemput bola ke wilayah kecamatan untuk jenis HO yang merupakan kewenangan Pemkab; mengusulkan penambahan pelimpahan kewenangan perizinan HO ke kecamatan.

Di bagian lain disebutkan bahwa pihaknya akan menyampaikan rekomendasi perbaikan pelayanan yang disampaikan kepada Bupati Sumedang, Kamis kemarin.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: