Monday, December 22, 2008

Warga Desa Keboncau Demo Tuntut Perbaikan Jalan

SUMEDANG - Sedikitnya 500 warga Desa Keboncau, Kecamatan Ujungjaya, Kabpaten Sumedang, Jabar, Senin (22/12), turun ke jalan menggelar aksi demo. Mereka menuntut perbaikan jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Keboncau ke Desa Kudangwangi.

Aksi mereka dibalut dengan teatrikal menanam padi dan mengail ikan di jalan yang penuh kubangan air. Tentu saja aksi mereka menarik perhatian masyarakat.

Seperti diketahui, kondisi jalan tersebut sejak bertahun-tahun mengalami kerusakan yang cukup parah. Lihat saja di ruas jalan sepanjang 4 Km bila turun hujan jalan tergenang air.

Koordinator Lapangan demo Asep Maman, mengatakan aksi turun ke jalan ini dilakukan karena warga sudah cukup kesal. Pasalnya, permohonan perbaikan jaln telah sejak lama namun samoai saat ini tak juga dipenuhi Pemerintah Kaupaten Sumedang.

"Lihat saja, jalan ini adalah jalan kabupaten, tetapi kenapa kerusakan sudah bertahun tahun, justru dibiarkan begitu saja tanpa upaya perbaikan," tandasnya.

Menurut Asep, jalan Keboncau - Kudangwangi dibangun pada 2001 pada masa Bupati Sumedang H Miscbah. Selama tujuh tahun ternyata tak ada perbaikan, meskipun kondisi jalan ini rusak parah.

"Kami melalui pemerintah desa dan Kecamatan Ujungaya telah melaporkan tentang kerusakan jalan ini berulang kali, tetapi tetap tak ada realisasinya," tutur Asep.

Akibat kerusakan jalan tersebut akses jalan dari Keboncau menuju Kudangwangi terhambat, bahkan bila turun hujan yang menimbulkan genangan air, kendaraan roda dua apalagi mobil sulit melintas kesana.

Bahkan, dampak lainnya adalah angkutan hasil bumi terpaksa harus memutar jalan, sehingga mengakibatkan terjadinya kenaikan biaya angkutan.

"Demo turun ke jalan ini sebagai awal saja. Tetapi bila masih belum juga ada tanggapan, kami akan melakukan demo ke Pemerintah Kabupaten Sumedang," tegas Asep Mamat.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: