Friday, December 5, 2008

Siang Dilingok Wakil Bupati, Tengah Malam Cipelang Banjir Lagi

SUMEDANG - Ratusan Warga di empat desa di Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, kini kian memprihatinkan. Akibat hujan turun cukup lebat dan berlangsung sejak Kamis (4/12) sore hingga mala, sungai Cipelang kembali meluap dan menggenangi ratusan rumah penduduk.

Deny Tanrus, Camat Ujungjaya, menybutkan sungai Cipelang mulai meluap pukul 23.00 tadi malam. Air sungai cepat naik hingga rumah penduduk terendam rata-rata ketinggian mencapai 1 meter.

Pada siang hari, korban banjir di Ujungjaya telah menarik perhatian Wakil Bupati Sumedang Taufiq Gunawansyah, yang sengaja melakukan kunjungan kerja ke lokasi banjir di Ujungjaya.

Dalam kesempatan itu, Taufik menyerahikan bantuan makanan kepada penduduk yang kini mengungsi di rumah-rumah penduduk yang dinilai aman dari air bah.

Deny Tanrus, Camat Ujungjaya ketika dihubungi, Kamis malam, menyebutkan kunjungan Wakil Bupati tersebut cukup melegakan masyarakat korban banjir.

Banjir sungai Cipelang yang terjadi kedua kalinya dalam dua pekan terakhir ini, dinilai cukup parah. Akibatnya tak sedikit warga di Desa Cipelang, Ujungjaya, Sukamulya dan Palabuan yang mengungsi.

Menurut Deny, penanggulangan jangka pendek sekarang ini adalah penyelamatan jiwa dan perbaikan tanggul yang rusak. Khususnya di daerah rawan banjir penduduk diungsikan untuk menghindari terjadinya korban jiwa.

Dijelaskan, hasil kerja keras membersihkan rumah yang dipenuhi lumpur, ternyata tak bisa dinikmati pemiliknya. Soalnya, hujan besar hingga tadi malam terus mengguyur cukup lebat sehingga warga disana terpaksa menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Kerugian, diperikirakan mencapat ratusan juta rupiah, sebab terdapat 45 hektare tanaman padi di Desa Palabuan, terendam hingga dipastikan mengalami puso (gagal panen).***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: