Thursday, December 18, 2008

17 Pengaduan Tertinggi bagi PDAM Manu Janji Segera Perbaiki Pelayanan

SUMEDANG - Bukan janji sembarang janji. Ini adalah janji Direktur PDAM "Tirta Medal" Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang bertekad untuk memperbaiki pelayanan kepada konsumen. Soalnya, terdapat 17 buah pengaduan tertinggi hasil survey, 8 - 25 September 2008 lalu.

Ikrar janji tersebut disampaikan Manu Adi Santosa di hadapan Assda Pemerintahan H Sambas mewakili Bupati Sumedang H Don Murdono, Ny Yetty Ntesed dan Ny Ara Ruhara, dua pejabat dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bandung.

Penyampaikan Janji Perbaikan Pelayanan tersebut, merupakan puncak dari Program Manual Praktis hasil kerjasama Pemkab Sumedang dan Advisor SFGG-GTZ serta Pusat Kajian dan Diklat Aparatur I LAN Bandung.

Di antara ke-17 pengaduan tertinggi yakni pembagian air tidak merata, terutama pada daerah dataran tinggi. Dalam hal ini Manu berjanji, segera memperbaiki kebocoran air.

Selain itu, melakukan pemeliharaan jaringan pipa secara rutin setiap 14 hari; melindungi pipa bekas galian dengan bata merah; melakukan pengaturan jadwal pendistribusian air secara prporsional; dan membangun booster pump di daerah yang tinggi.

Menjawab pengaduan bahwa pelanggan sering membayar "angin" bukan membayar air, Manu menegaskan bahwa pihaknya segera mensosialisasikan himbauan untuk tidak membuka kran jika air tidak mengalir; dan menambah sumber mata air.

Pengaduan tentang air sering berwarna karena banyak kadar besi, Manu berjanji di antaranya akan segera membuat pengolahan lengkap air rasi (kontak udara) untu daerah yang mempunyai kadar Fe (besi) tinggi.

Menurut Manu, ia meminta maaf karena belum mampu menanggapi semua pengaduan, tetapi ia sungguh-sungguh berkeinginan untuk melakukan perubahan secara bertahap.

Kecuali itu, terdapat hal-hal yang berada di luar kewenangan dan kemampuan PDAM yang turut menjadi penyebab masalah. Karenanya, pihaknya telah mengajukan rekomendasi kepada Pemkab Sumedang agar memperoleh tanggapan.

"Kami berjanji akan mengumumkan kepada masyarakat jika tanggapan tersebut telah kami terima," tandasnya.

Pihak PDAM, lanjutnya, mengundang partisipasi masyarakat untuk terus menerus mengawasi kinerja pelayanan dan masukkan pengaduan atau keluhan ke Kotak Pengaduan yang tersedia atau langsung kepada staf PDAM, terutama jika Janji Perbaikan Pelayanan belum dipenuhi.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: