Tuesday, November 25, 2008

Tahun 2009 untuk Sumedang: Akan Jadi Tahun Keprihatinan

SUMEDANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, H Atje Arifin Abdullah, akan meminta seluruh Kepala Dinas/Instansi untuk mengambil langkah-lakah terobosan ke pemerintah pusat. Hal ini terkait bakal terjadi kevakuman kegiatan pada tahun anggaran 2009 akibat bakal hilangnya sejumlah bantuan pusat.

Penegasan tersebut dilontarkan Sekda H Atje Arifin Abdullah, usai memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-63 PGRI dan Hari Guru Nasional 2008 tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Symedang, Selasa (25/11). "Kita sudah berupaya ke Jakarta, tetapi sudah seperti ini," katanya.

Menurut dia, pada TA 2009, setelah beberapa bantuan pusat (dana alokasi umum dan dana alokasi khusus) dikurangi, bahkan ada yang dihapus, akan berakibat terhadap pengetatan anggaran.

"Yang jelas kemungkinan tidak adanya kegiatan selama tahun anggaran 2009. Hal ini sepertinya sulit dirubah, karena kebijakan pusat sudah seperti ini yang tertuang dalam APBN 2009," tegasnya.

Namun demikian, pihaknya akan meminta seluruh dinas/instansi untuk bergerak melakukan terobosan untuk mendapatkan peluang pendanaan pembangunan.

"Contohnya, bidang Pekerjaan Umum, lewat upaya ke pusat kegiatan pembangunan jalan mudah-mudahan bisa tetap dilaksanakan," ujar Atje.

Dijelaskan, dari hasil pemeriksaan selama 2008, Kabupaten Sumedang dinilai pusat memiliki pendapatan asli daerah (PAD) yang sangat besar mencapai Rp 90 milyar.

"Memang itu benar dan persepsi ini yang dipegang pusat, sehingga beberapa bantuan distop. Padahal, kenyataannya terdapat dana PAD itu yang harus dikembalikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) yang jumlahnya hampir setengah dari jumlah PAD," paparnya.

Guna menyikapi persoalan di tahun 2009, lanjut Atje, kecuali memberlakukan pengetatan anggaran dan berusaha mencari peluang bantuan pusat. "Pokoknya seluruh dinas/intansi harus aktif. Jangan hanya duduk di kursi, kita harus coba untuk bergaul dengan pusat," tegas Sekda Sumedang ini.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share

No comments: