Sunday, November 9, 2008

Penambangan dan Perumahan Rusak Kawasan Gunung Geulis

SUMEDANG - Lingkungan hidup di kawasan Gunung Geulis di wilayah Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, kini semakin memprihatinkan. Tak mengherankan jika Yayasan AKAR (Aliansi Konservasi Alam Rakyat) memprakarsai penanaman 5000 batang pohon.

Prakarsa Yayasan AKAR ini mendapat dukungan dari Wakil Bupati Sumedang Taufiq Gunawansyah dan Huliman Abdul Gofur, Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat) Kabupaten Sumedang, Minggu (9/11).

Penanaman 5000 pohon tersebut dipimpin Taufiq Gunawansyah yang dipusatkan di kawasan hutan Gunung Geulis Blok Cinanjung di Desa Cinanjung dan Desa Jatiroke, Kecamatan Tanjungsari.

Kegiatan tersebut dihadiri H Eka Setiawan, Kepala Dinas Kehutanan, Sumber Daya Mnineral dan Energi (Dishut SDME), pejabat Perhutani KPH Sumedang, Asper Manglayang Timur, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Tanjungsari dan didukung 500 warga Perumahan Panorama serta Karang Taruna Desa Cinanjung dan Bandung Karate Club (BKC).

Wakil Bupati Taufiq Gunawansyah menyebutkan, latar belakang dilaksanakannya kegiatan penanaman 5000 pohon tadi, karena keprihatinan warga atas kerusakan
kawasan hutan di sekitar Gunung Geulis.

"Padahal Gunung Geulis ini merupakan salah satu daerah resapan air untuk kawasan di KecamatanTanjungsari, Jatinangor dan Cimanggung, yang tentunya perlu dipelihara dan dilestarikan," katanya.

Menurut dia, guna mengatasi masalah kerusakan lingkungan disana diperlukan adanya kebersamaan dari berbagai pihak untuk berupaya memelihara dan melestarikan Gunung Geulis.

Acara penanaman yang dimulai pukul 09.00 diawali oleh Wabup Taufiq Gunawansyah, Huliman Abdul Gofur, dan segenap warga Perumahan Panorama.

Sementara itu, Huliman yang juga warga Perumahan Panorama, menjelaskan bahwa kerusakan lingkungan disana selain disebabkan faktor alam, juga karena di sekitar kaki Gunung Geulis terus dilakukan penambangan Galian C.

Bahkan, lanjut Huliman, saat ini banyak dibangun perumahan-perumahan yang terus menembus ke kawasan Gunung Geulis. "Disinilah penjagaan dan pelestarian Gunung Geulis perlu mendapat perhatian serius dari pihak-pihak terkait termasuk segenap unsur masyarakat," tandasnya.***


No comments: