Wednesday, November 26, 2008

Ongkos Penyaluran LPG di Rancakalong, Jangan Libatkan Desa

SUMEDANG - Jadwal pendistribusian program konversi minyak tanah ke (Liquefied Petroleum Gas) 3 kilogram ke Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, dilaksanakan Rabu (26/11).

Ribuan paket LPG (kompor, tabung gas, selang dan regulator) akan disalurkan ke 10 desa yang ada di Kecamatan Rancakalong.

Endi Ruslan, Camat Rancakalong, ketika ditemui membenarkan penyaluran program konversi mulai dilaksanakan pihak Pertamina, Rabu (26/11). "Secara administrasi tidak ada permasalahan, ya lancar-lancar saja," katanya.

Hanya saja, terdapat permasalahan pendistribusian dari kantor desa ke rumah tangga sasaran. "Soalnya, pihak konsultan Pertamina, hanya mendistribusikan paket ke setiap kantor desa," kata Endi.

Dijelaskan, pihaknya telah melarang adanya pungutan biaya dari masyarakat terkait biaya pengiriman ke setiap rumah tangga sasaran. "Memang pada akhirnya timbul persoalan tentang biaya pengiriman," katanya.

Menurut dia, biaya pengiriman dari kantor desa ke rumah tangga sasaran tidak disediakan konsultan Pertamina. "Memang, secara teori ketika paket LPG sampai di kantor desa, setiap warga bisa mengambil ke kantor desa. Kenyataannya, jarak dari kantor desa ke dusun-dusun berjauhan," papar Endi.

Itulah sebabnya, kemungkinan yang akan terjadi adalah adanya musyawarah masyarakat tentang iuran untuk ongkos kirim. "Selama itu inisiatif masyarakat yang dikoordinir oleh Ketua Rukun Warga. Yang jelas, dalam hal ini tidak melibatkan desa," tegasnya. ***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share

No comments: