Thursday, November 13, 2008

Realisasi PKH 2008 di Sumedang Mesti Tuntas 15 Desember

SUMEDANG - Realisasi PKH (Program Keluarga Harapan) 2008 di Kabupaten Sumedang, tahap kedua direncanakan akhir November, sedangkan tahap ketiga ditargetkan tuntas hingga 15 Desember depan.

PKH yang diluncurkan pemerintah pusat adalah bantuan sosial kepada rumah tangga yang memenuhi kualifikasi tertentu dengan memberlakukan persyaratan yang dapat mengubah perilaku.

Kualifikasi penerima PKH tersebut adalah rumah tangga sangat miskin, dengan syarat penerima bantuan harus menyekolahkan, memeriksakan kesehatan ke Puskesmas dan memperhatikan kecukupan gizi.

Adapun jumlah rumah tangga sasaran (RTS) sebanyak 5,464 KK (Kepala Keluarga) yang tersebar di lima wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Tanjungkerta (705 RTS), Situraja (875 RTS), Ujungjaya (1,084 RTS), Rancakalong (1,408 RTS), dan Wado (1,392 RTS).

Edi Ruhimat, Kepala Kantor Infokom Kabupaten Sumedang, Kamis (13/11), mengatakan bahwa dari 6.000 RTS dengan usia anak 0-15 tahun, setelah dilaksanakan validasi yang hanya 5464 RTS yang memenuhi syarat.

Dijelaskan, Kabupaten Sumedang mendapat kesempatan pertama di wilayah Jawa Barat, sebagai daerah uji coba/percontohan yang dipilih pemerintah pusat untuk menerima PKH tersebut.

"Alhamdulillah, pemberian bantuan PKH tahap I sudah direalisasikan. Dan, saat ini akan memasuki relaisasi tahap II dan tahap III, yang harus tuntas sampai pertengahan Desember 2008 nanti," kata Edi Ruhimat.

Berdasarkan agenda yang telah disesuaikan dengan kesediaan pusat merealisasikan dana PKH ke kabupaten sasaran, maka pembayaran tahap II direncanakan akhir November dan pembayaran tahap III, harus tuntas sampai dengan 15 Desember 2008.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: