Tuesday, November 25, 2008

Penampakan Pocong, Ny Tati buka Tali dan Kapas Jenazah

SUMEDANG - Percaya atau tidak, inilah yang terjadi di Dusun Talun Kaler RT 05/RW 01 Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pocong (hantu) menghampiri Ny Tati Kuswati (52), meminta dibukakan tali pengikat kain pembalut (kavan) dan asiwun (kapas) penutup bagian muka jenazah.

Uniknya, setelah tali dibuka - kecuali tali di bagian atas kepala - pocong menghilang dan meninggalkan tali pengikat berikut kapas penutup muka. Barang bukti ini, kini masih dipegang Ny Tati, namun ia bingung apa mesti dilakukannya.

Ny Tati Kuswati, istri Nana Suhana (62) yang kesehariannya berjualan sayur keliling, ketika diminta konfirmasi, Selasa (25/11), membenarkan ia telah dua kali didatangi pocong. Pertama, Selasa (11/11) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.
Terakhir, pocong menemui lagi Ny Tati di saat ibu dari tiga putra-putri ini sedang mengambil air wudlu untuk melaksanakan sholat Tahajjud, Minggu (23/11) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari.

"Bu.....,Bu......," demikian suara panggilan yang terdengar lirih dan akhirnya Ny Tati pun ke luar rumah. Ia mengaku penasaran, dan setelah berada di teras depan ia mencari-cari sumber suara. Ternyata, kata Ny Tati, ia melihat bayangan putih berbentuk Pocong sedang berdiri tak jauh dari rumahnya. ""Saya kaget, tetapi saya penasaran. Karenanya, saya mencoba menyapanya," ungkapnya.

Di luar dugaan pocong itupun menghilang. Peristiwa itu terjadi Selasa (11/11) pukul 01.00 WIB dini hari. Kejadian seperti itu, lanjut Mrs Tati, memang sering terjadi di saat hendak menjalankan sholat Tahajud.

Kejadian berulang pada Minggu (23/11) dini hari. Saat ia sedang wudlu, suara panggilan seperti dua pekan lalu tersebut terdengar jelas di kesunyian malam seperti itu.
"Karenanya, setelah saya wudlu, saya langsung ke luar rumah. Dan, disana sudah ada pocong yang memanggil-manggil saya," katanya.

Ny Tati langsung mendekatinya, dan mencoba menanyakan siapa dan ada apa gerangan. Hebatnya, sang pocong ini langsung menjawab dengan nada sengau. Ia paham betul soal ini, karena seringkali mengurusi mayat yang hendak disemayamkan.

"Saya melihat tali pengikat tubuh masih mengikat. Saya simpulkan, kalau pocong ini memerlukan pertolongan. Karenanya, setelah dia memberikan anggukan, kemudian saya gandeng masuk ke dalam rumah," tuturnya..

Ny Tati mengaku mampu menyentuh bayangan putih itu secara nyata. Maka pocong itupun segera dibaringkan di ruangan tengah. "Saya mencoba membuka tal, dan membuka balutan kapas di bagian muka. Pocong itupun sepertinya bahagia, dia diam saja," katanya.

Karenanya, Ny Tati mencari kertas koran untuk membungkus kapas dan tali pengikat tubuh pocong. "Eh ketika saya balik lagi, dia sudah menghilang. Saya benar-benar bingung, apa yang harus perbuat dengan barang ini," ujarnya.

Ny Tati mengaku penasaran siapa dan dari mana asal gerangan pocong tersebut. Karenanya, ia memutuskan, jika sampai Sabtu (29/11) malam tak ada juga petunjuk, Ny Tati akan segera menyemayamkannya.

"Ini pengalaman luar biasa, tetapi sekaligus membuat penasaran tentang keberadaan pocong ini. Sepertinya, dia korban kecelakaan lalulintas yang dikuburkan asal-asalan. Entah dari mana asalnya," tambah Ny Tati.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share

No comments: