Monday, January 12, 2009

Kebijakan Pusatl APBD Terpuruk Don belum Rencanakan Pinjaman

SUMEDANG - Bantuan pemerintah pusat memang susut. Namun demikian, Bupati Sumedang H Don Murdono, mengaku tak gentar menghadapi kondisi terpuruk saat ini. Yang paling penting adalah dilakukan penentuan skala prioritas program.
Penegasan tersebut dilontarkan Bupati Don sehubungan dengan adanya kekhawatiran beberapa pihak atas keterpurukan APBD 2009 Murni, Senin (12/1).
"Kondisi seperti ini tak lepas dari kebijakan pemerintah pusat. Persoalannya, kita harus mengambil langkah-langkah agar dalam kondisi seperti ini program bisa berjalan," katanya.
Karenanya, Don sudah memerintahkan kepada pejabat dinas/instansi agar dalam menghadapi kondisi seperti ini supaya dilakukan balancing antara kemampuan dan prgram
"Nah, dalam penentuan program ini, dinas/instansi mesti pandai-pandai melakukan penyusunan program prioitas apa saja yang mesti dilaksanakan," ungkapnya.
Lebih jauh disebutkan, bahwa priortas program di antaranya diarahkan kepada pembangunan infrastruktur. Prioritas ini, kata Don, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.
Kecuali itu, Bupati Sumedang menilai bahwa pinjaman kepada pihak ketiga untuk membiayai pembangunan memang bisa dilaksanakan.
"Ya itu kan namanya alternatif. Sah-sah saja pendapat demikian. Yang jelas, sampai saat ini kita belum memiliki rencana untuk melakukan pinjaman," tegas Don Murdono.
Bahkan, ia mengaku optimis dalam kondisi keterbaatsan ini, selain akan mendorong upaya atau terobosan-terobosan baru juga diyakini roda pemerintahan maupun pebangunan tidak akan mengalami stagnasi.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: