Tuesday, January 6, 2009

79 Penderita HIV/AIDS di Sumedang, 12 Orang Meninggal

Memprihatinkan. Dari 79 orang penderita HIV/AIDS, 12 orang meninggal dunia pada tahun 2008, dan 4 orang di antaranya anak berusia di bawah lima tahun. Yang tak kalah memprihatinkan lagi adalah, bahwa penderita HIV/AIDS tersebut umumnya kelompok usia produktif

Hal itu disampaikan dr H Hilman Taufiq Ws, MKes, Kepala DINKES (Dinas Kesehatan) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa, 6 Desember 2009.

Keprihatinan tersebut melahirkan inisiatif untuk melakukan road show bagi kelompok usia produktif, yakni bagi kalangan pelajar SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama) dan SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas).

"Ini merupakan upaya kita agar pelajar dalam memahami benar tentang HID/AIDS sehingga mereka bisa menghindari dari perilaku yang bisa menimbulkan terkena penyakit mematikan tersebut," paparnya.

Selain itu, lanjut Hilman, road show ini bertujuan pula untuk memupus stigma yang berkembang dalam masyarakat, bahwa penderita HIV/AIDS harus disingkirkan.

"Ini stigma yang harus kita hilangkan dan mengajak masyarakat untuk secara bersama-sama menanggulangi
penyakit masyarakat ini," ungkapnya.

Diakui, upaya pemberantasan penyakit masyarakat ini akan dilakukan selainoleh Dinas Kesehatan juga melibatkan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah, Badan Narkotika Nasional dan institusi Sumedang Sehat.

"Upaya-upaya tersebut akan kita laksanakan pada tahun 2009 agar bisa menemukan sumber penularan, dan bisa merubah pandangan masyarakat sehingga memahami betul tentang HIV/AIDS," tegas Himan.***


Share/Save/BookmarkBookmark and Share
baca berita di lintas berita

No comments: